ROKOK

Pengertian Rokok
Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :
Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.
Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok.

Informasi Kesehatan: Merokok & Kecanduan Nikotin
PT Freeport Indonesia (PTFI) menerapkan kebijakan anti merokok di wilayah kerja perusahaan. Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan karyawannya. Departemen Public Health & Malaria Control PTFI dan International SOS secara aktif mempromosikan kampanye anti merokok di Jobsite untuk meningkatkan kesadaran komunitas Freeport akan bahaya merokok bagi kesehatan.

Menurut World Health Organization (WHO), setiap 8 detik satu orang meninggal karena penyakit akibat merokok. Merokok juga menyebabkan kematian dini pada 1 dari 2 orang perokok, mengakibatkan lebih dari 50 macam penyakit dan menyebabkan 20 macam kondisi fatal.
Jika melihat statistik tersebut, jadi kenapa orang tetap merokok? “Orang kecanduan merokok karena nikotin. Nikotin adalah suatu bahan kimia yang terdapat dalam tembakau, dan tembakau adalah bahan utama yang digunakan dalam rokok. Waktu seseorang merokok, nikotin terserap dalam darah dan diteruskan ke otak. Nikotin akan memicu otak untuk melepaskan hormon dopamine. Dopamine ini yang menyebabkan timbulnya rasa nyaman. Jika dopamin berkurang, rasa nyaman hilang dan timbul keinginan untuk kembali merokok. Demikian seterusnya sehingga orang tidak pernah bisa lepas dari merokok,” demikian penjelasan oleh Dr. Firdy Permana dari PHMC.

“Kecanduan nikotin inilah yang menjadikan perokok sulit untuk berhenti merokok. Hampir sama dengan kecanduan narkoba, apabila perokok berhenti merokok maka akan muncul gejala sakau/kecanduan. Gejala sakau yang muncul misalnya berupa pusing, resah, bad mood, gangguan tidur dan mudah lelah. Namun gejala ini akan hilang sendirinya setelah 2-3 minggu berhenti merokok total. Untuk itu, dukungan teman dan keluarga sangat membantu untuk menolong perokok berhenti merokok,” tambahnya.
Bila anda merokok & termasuk golongan perokok berat, HENTIKANLAH !! karena tak diragukan lg bahwa merokok akan memacu berbagai penyakit SERIUS !!

Penyakit jantung & kanker paru2 adalah dua penyakit serius yg banyak diderita oleh perokok.

Dgn berhenti merokok, peluang anda untuk terkena penyakit akibat merokok akan semakin berkurang setiap tahun & dgn berhenti merokok berarti anda sudah mengurangi tingkat resiko bagi kesehatan anda sendiri

Dalam setiap batang rokok yg anda hisap, terkandung 3 zat berbahaya bagi kesehatan anda, yaitu :

TAR : Zat berbahaya ini ( berupa kotoran pekat ) dpt menyumbat & mengiritasi paru2 & sistem pernafasan, shg menyebabkan penyakit bronchitis kronis, emphysema & dlm bbrp kasus menyebabkan kanker paru2 ( penyakit maut yg hampir tak dikenal oleh mereka yg bukan perokok ).Racun kimia dlm TAR jg dpt meresap ke dlm aliran darah & kemudian dikeluarkan di urine.TAR yg tersisa di kantung kemih jg dpt menyebabkan penyakit kanker kantung kemih.

NIKOTIN : Adalah suatu zat yg membuat kecanduan & dpt mempengaruhi sistem syaraf, mempercepat detak jantung ( melebihi detak normal ) , sehingga menambah resiko terkena penyakit jantung.

KARBON MONOKSIDA : Zat ini dpt meresap dlm aliran darah& mengurangi kemampuan sel2 darah merah untuk membawa Oksigen ke seluruh tubuh, sehingga sangat besar pengaruhnya terhadap sistem peredaran darah.Selain itu, karbonmonoksida memudahkan penumpukan zat2 penyumbat pembuluh nadi, yang dapat menyebabkan serangan jantung yg fatal….juga dapat menimbulkan gangguan sirkulasi darah di kaki.Efek terakhir ini membuat para wanita perokok lbh beresiko ( drpd wanita non perokok ) mendpt efek samping berbahaya bila meminum pil kontrasepsi ( pil KB )…itulah sebabnya mengapa para dokter kandungan ( ginekolog ) umumnya segan memberi pil KB pd wanita yg merokok.

Hindarilah merokok pd masa kehamilan, krn NIKOTIN 7 KARBONMONOKSIDA yg terdpt dlm aliran darah wanita perokok dpt membuat pembuluh darah di Plasenta ( ari – ari ) mengecil, sehingga Oksigen & Zat2 makanan yg mencapai janin akan berkurang, yg mana akhirnya dpt mengganggu pertumbuhan janin itu sendiri & mengakibatkan bayi dilahirkan dgn berat badan kurang, shg hrs di rawat dulu di unit perawatan khusus utk bayi yg baru lahir.

Kandungan ke 3 zat berbahaya di dlm rokok tsb, memang berbeda – beda utk setiap merek rokok.

Tetapi mengganti merek rokok yg dihisap, bukanlah cara yg efektif utk mengurangi resiko2 yg dpt ditimbulkan dr kebiasaan merokok.Cara terbaik utk menghindari rokok adlh dgn berhenti merokok…..dan jika anda berhasil berhenti merokok, maka peluang terjadinya gangguan2 kesehatan spt di atas akan semakin mengecil setiap tahun nya

Inner Power. Kayaknya sih, sampai hari ini blom ditemukan dampak bagus dari merokok kecuali bagi produsen dan pedadangnya. Meskipun sudah banyak himbauan dan peringatan akan bahayanya, tetapi tetap saja kita orang pada merokok. Alasannya untuk mendapatlan kenikmatan. Bukannya masih ada cara lain yang lebih aman untuk memacu otak dan mendapatkan kenikmatan di luar kebiasaan merokok?
Tar, Nikotin, zat dan gas kimia yang dikandung rokok sudah menjadi rahasia umum berpotensi membenihkan sekian penyakit. Di bungkusnya saja sudah ada peringatannya. Lagian komposisi bahan kimia yang ditambahkan untuk menambah laju masuknya nikotin ke otak (agar rasa nikmat lebih cepat terasa) berpotensi membahayakan perokok itu sendiri.
Saat ini di pasaran emang banyak ditemui rokok “Mild” atau “Rokok Ringan” yang mengklaim memiliki kandungan Tar dan Nikotin lebih rendah. Tetapi tetap saja gas yang ditimbulkan sebagai efek samping merokok berpotensi membahayakan bagi si perokok (aktif) dan bagi orang disekitamya (pasif).
Banyak terdapat penyakit kaum perokok. Menurut penelitian ada 10 tipe kanker yang disebabkan oleh rokok. Nah lo. Selain itu disebutkan juga bahwa pria perokok akan meninggal 13,2 tahun lebih muda dibandingkan yang bukan perokok sedangkan wanita perokok meninggal 14,5 tahun lebih muda.
Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, pita suara dan esofagus. Wanita perokok memiliki kemungkinan 13 kali lebih tinggi kena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok. Sedangkan pria perokok 23 kali lebih tinggi terkena kanker paru paru dibanding yang tidak merokok.
Kanker perut dan lambung, kanker ginjal, kanker pankreas, bila fatal dapat menyebabkan diabetes mellitus I kencing manis, kanker leher rahim, kangker darah/Leukemia. Weleh!
Perokok beresiko 3 kali lebih tinggi menderita katarak yang dapat menyebabkan kebutaan. Rokok dapat menjadi penyebab utama terjadinya stroke dan kerusakan otak. Perokok beresiko 10 kali lebih tinggi menderita periodontitis (gusi terbakar yang mengarah ke infeksi) sehingga dapat merusak jaringan halus dari tulang.
Dampak lainnya dapat terjadi pneumonia, bronchitis, asthma, batuk kronis, gagal jantung, serangan jantung, hipertensi, dan stroke. Kemandulan, bayi lahir prematur, bayi lahir berat badan kurang (BBLR) dan ganguan pernapasan. Keren keren namanya ya, Bro?
Untuk mencegah dampak buruk dari masuk dan tertimbunya bahan berbahaya rokok ke dalam saluran pernapasan, sebaiknya perokok mengkonsumsi sumber sumber Chlorophyl dan antioxidan secara teratur. Tidak lupa tentunya saran yang paling tepat adalah mulai berubah, mengurangi, dan menghilangkan kebiasaan hidup yang kurang baik seperti merokok.

Ini dia nih bahaya nyata rokok: KANKER PARU (90% KANKER PARU PADA LAKI-LAKI DISEBABKAN ROKOK, DAN 70% UNTUK PEREMPUAN), KANKER MULUT, KANKER BIBIR, ASMA, KANKER LEHER RAHIM, JANTUNG KORONER, DARAH TINGGI, STROKE, KANKER DARAH, KANKER HATI, BRONCHITIS, KEMATIAN MENDADAK PADA BAYI, BAHAYA RUSAKNYA KESUBURAN BAGI WANITA DAN IMPOTENSI BAGI KAUM PRIA.

Racun pada Rokok
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
• Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
• Nikotin adalah zat adiktif (ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain) yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.
• Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat c
Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :
– Merasa cepat marah, hampa atau geram.
– Cemas atau gelisah.
– Stres dalam bekerja.
Efek Racun
Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):
• 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
• 4x menderita kanker esophagus
• 2x kanker kandung kemih
• 2x serangan jantung
Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
Batas Aman
Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.
TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK.
MITOS ROKOK
1. Merokok itu cowok banget
Yang pasti merokok bikin gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Ini sih cowok ‘penyakitan’.
2. Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan
Walaupun dibutuhkan waktu 10 – 20 tahun , terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboro pun mati karena kanker paru.
3. Kalau sedikit tidak apa-apa
Yang benar: Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.
ANDAI SAJA ROKOK TIDAK ADA DI BUMI INDONESIA:
1. Tidak ada masukan dari pajak cukai nya untuk pemasukan pemerintah.
Masalahnya, apakah kita setuju membunuh anak-anak bangsa dan para pekerja rokok mempunyai andil untuk itu, padahal mereka juga punya anak-anak? Seharusnya kita yakin bahwa yang memberi rizki itu adalah Allah bukannya rokok atau pabrik rokok. Pasti Allah akan mengganti rezki yang jauh lebih baik dan lebih banyak dari rezki yang didapat dari rokok tadi.
“Negeri ini kaya tapi miskin”. Banyak kekayaan alam potensial di negeri ini yang belum dimanfaatkan secara potensial yang dapat mengangkat kesejahteraan rakyat. Tinggal bagaimana kita sebagai “putra bangsa” mau berkontribusi terhadapnya.
2. Kalau pabrik rokok tutup, pekerjanya mau dikemana’in? Ini nih tugasnya pemerintah. Yang pasti bumi Allah itu luas dan Allah menjamin rezeki tiap-tiap makhluk-Nya.
SEDIKIT TIPS BERHENTI MEROKOK:
1. Selalu bawa permen untuk mengganti rokok
2. Simpan sebungkus rokok dirumah, dan kunci di laci atau lemari. Jadi ketika sedang diluar rumah dan ingin merokok, tunda untuk membeli rokok, karena dirumah masih ada simpanan sebungkus. Ulangi terus sampai berhenti.
3. Puasa senin-kamis bagi yang muslim.
4. Lihat aja gambar paru-paru perokok yang sudah kotor. Ibarat penyaring udara yang sudah sangat kotor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: